Translate

Friday, September 21, 2012

Wisata Islami ke China

Apabila berkunjung ke China, selain bertujuan untuk wisata belanja juga bisa sekaligus berwisata religi.

Menyebut wisata islami di China, pertama-tama tentu harus mendatangi Masjid Najiahu di Yongning County, Yuncuan, Provinsi Ningxia. Masjid ini yang juga dibangun pada masa Dinasti Ming pada tahun 1524 itu bergaya tradisional Tiongkok.

Di Ningxia, objek wisata islami lain yang harus dikunjungi adalah Taman Budaya Etnis Hui yang terletak tak jauh dari Masjid Najiahu. Jika Masjid Najiahu sangat kental dengan nuansa Tiongkok Kuno, kemegahan ala masjid Timur Tengah modern begitu terasa saat melihat Taman kebanggaan etnis bangsa Hui di Ningxia. Di kompleks taman itu berdiri 2 bangunan, yakni museum dan sebuah bangunan mirip masjid yang oleh pengelola di sana disebut sebagai Dewan Emas.

Museum berisi sejumlah peninggalan jejak Islam di Tiongkok dan berbagai belahan dunia lainnya. Selain foto-foto diorama, replika Masjidil Haram dan Al QurĂ¢an yang ditulis tangan, juga dipajang perkembangan modern etnis bangsa Hui, seperti gaya berpakaian khas etnis bangsa Hui hingga rumah dan makanan mereka.

Sedang Dewan Emas berada di bagian belakang kompleks itu. Bangunan mirip masjid ini sangat besar dan megah. Di dalamnya, warna biru dan kuning emas terlihat mendominasi. Seluruh dinding, langit-langit, dan tiang bangunan dilukis oleh sedikitnya 200 seniman Tiongkok. Selain kaligrafi, corak khas Tiongkok juga mewarnai lukisan yang terkesan mewah dan indah.

Selamat berwisata belanja sambil berwisata religi ke China :)

No comments:

Post a Comment