Translate

Friday, October 5, 2012

Seperti Apakah Sholat Kita ???


Seorang ahli ibadah bernama Isam bin Yusuf, sangat khusyuk sholatnya.
Namun dia merasa kuatir jika ibadahnya masih kurang khusyuk dan selalu bertanya kepada orang yang dianggapnya lebih ibadahnya, demi untuk memperbaiki dirinya yg selalu dirasakan kurang khusyuk.

Pada suatu hari, Isam menghadiri pengajian seorang diri dan bertemu degan orang tua yang sangat tawadhu bernama Hatim Abdurrahman dan bertanya :

"Wahai Ustazd Abdurrahman, bagaimana caranya Bapak sholat?"

Hatim: "Apabila masuk waktu sholat aku berwudhu' lahir dan batin."

Isam: "Bagaimanakah wudhu' lahir dan batin itu?"

Hatim: "Wudhu' lahir sebagaimana biasa, yaitu membasuh semua anggota wudhu' dengan air, sementara wudhu' batin ialah membasuh anggota badan dengan tujuh perkara:

1. bertaubat,
2. menyesali dosa yang dilakukan,
3. tidak tergila-gila degan dunia,
4. tidak mencari/mengharap pujian orang (riya'),
5. tinggalkan sifat berbangga,
6. tinggalkan sifat khianat dan menipu,
7. meninggalkan sifat dengki.

Kemudian Hatim melanjutkan perkataannya,
"Kemudian aku pergi ke masjid, aku siapkan anggota badan dan menghadap kiblat. Aku berdiri dengan penuh kewaspadaan dan aku membayangkan:

Allah ada di hadapanku, syurga di sebelah kananku, neraka di sebelah kiriku, malaikat maut berada di belakangku, dan aku bayangkan pula bahwa aku seolah-olah saat itu berdiri di atas titian 'Sirratul Mustaqim' dan aku menganggap bahwa sholatku kali ini adalah sholatku yang terakhir, kemudian aku berniat dan bertakbir dengan baik.
Setiap bacaan dan doa dalam sholat kufahami maknanya, kemudian aku ruku' dan sujud dengan tawadhu', aku bertasyahhud dengan penuh pengharapan dan aku memberi salam dengan ikhlas.
Beginilah aku bersholat selama 30 tahun.

Setelah Isam mendengar, menangislah dia karena membayangkan sholatnya selama ini yang amat jauh dari khusuk...

Bagaimanakah Sholat Anda??? ;)

No comments:

Post a Comment